Ini Tiga Alasan Timnas Prancis Difavoritkan Jadi Juara Euro 2016

Tim nasional Prancis merupakan tim perdana yang memiliki tempat di fase grup Euro 2016 setelah menggulung Albania dengan skor akhir 2-0 pada Kamis, 16 Juni 2016. Keberhasilan tersebut menjadikan Prancis mengumpulkan 6 poin dari 2 keberhasilan.

Gol keberhasilan yang dilakukan oleh penyerang, Antoine Griezmann yang masuk lapangan di babak untuk mengganti posisi Kingsley Coman, menjadi serangan yang membuka peluang skor bagi tim nasional Prancis di menit ke-89 dengan gol yang berhasil dia sundulkan ke gawang Albania.

Albania yang berupaya mencetak skor di menit akhir, malah mengalami kebobolan. Dimitri Payet sukses menggunakan kesempatan dalam menyerang balik menuju sisi kiri gawang Berisha di menit ke-94. Keberhasilan Prancis semakin mengokohkan jalan mereka menuju babak selanjutnya di turnamen ini. Ada tiga alasan tim tuan rumah ini difavoritkan menjadi juara Euro 2016.

  1. Performa yang Bagus

Performa Prancis dinilai meningkat ketika menghadapi timnas Rumania dengan skor akhir 2-1 dan Albania dengan skor 2-0. Antoine Griezmann, yang awalnya tak dianggap, mulai memperlihatkan kinerjanya.

  1. Catatan sejarah

Faktor sejarah menjadi bagian yang menaikkan pamor Prancis yang sudah dua kali menyabet trofi Piala Eropa yakni di tahun 1984 dan 2000 . Dalam catatan sejarahnya, negara ini dinilai selalu mengalami hal baik jika berperan sebagai tuan rumah.

Di tahun 1984, Prancis merupakan tuan rumah sekaligus juara Piala Eropa. Tahun 1998, Prancis juga menjadi juara Piala Dunia ketika menjadi tuan rumah. Mungkin dengan menjadi tuan rumah, Prancis memiliki faktorĀ  X yang menjadi penambah ketangguhan negara ini.

  1. Diunggulkan Sebagai Juara

Sejak awal, tim nasional Prancis memang dijagokan. Namun, nampaknya hal tersebut tidak menjadi beban bagi mereka, justru memberikan pengaruh yang positif bagi tim.

Sepertinya, prediksi tersebut bisa menjadi kenyataan bagi Prancis, apalagi saat ini mereka sudah resmi masuk ke babak selanjutnya di Euro 2016 ini. Bagaimana menurut Anda?