Luis Enrique, Pelatih Super Tiga Musim Untuk Barcelona

Barcelona akhirnya bersedia merelakan Luis Enrique yang akan hengkang di akhir musim ini. Blaugrana menilai bahwa Enrique adalah salah satu pelatih super yang pernah mereka miliki.

Luis Enrique mengungkapkan keputusannya untuk berpisah dari Barcelona setelah mereka menang atas Sporting Gijon dengan skor 6-1 di Camp Nou, pada Kamis (2/3/2017) dinihari WIB. Pelatih 46 tahun itu mengungkapkan tidak akan menandatangani kontrak baru di akhir musim ini.

Hal utama yang menjadi latar belakang keputusannya adalah Enrique ingin istirahat setelah menjadi pelatih selama tiga musim yang menekan di Barca.

” Kami sangat bahagia dengan hasil kinerjanya hingga saat ini dan saat ini kami harus melepasnya dan mendukung semua yang dia putuskan. Kami kini harus lebih memikirkan laga-laga selanjutnya dalam tiga bulan yang akan datang. Perginya Luis Enrique dari klub ini tetap tidak akan menggantikan perannya sebagai pelatih terbaik di tiga musim ini, ” ujar Presiden Barca, Josep Maria Bartomeu.

Hengkangnya Enrique dari Barca pastinya dikaitkan dengan gosip siapa yang akan menggantikan dirinya sebagai pelatih Barcelona. Sudah ada beberapa nama yang dihubung-hubungkan dengan posisi tersebut, mereka adalah Jorge Sampaoli, Mauricio Pochettino, dan Ronald Koeman.

Menurut Bartomeu, mereka masih akan mengkaji hal tersebut lebih lanjut dan akan memutuskan hal itu per awal Juli yang akan datang. “ Kami akan merilis hal tersebut dan akan mengumumkan siapa yang akan menjadi pelatih Barcelona yang baru, ” ucap Bartomeu.

Luis Enrique resmi menjadi pelatih di klub ini sejak musim panas 2014 yang lalu yang menjadi pengganti Gerardo Martino. Di musim awalnya, dia berhasil memberikan trofi treble bagi klub ini. Selain itu, di musim lalu dia juga mempersembahkan gelar La Liga dan Copa del Rey. Sudah ada delapan piala yang dia persembahkan untuk Barca selama menjadi pelatih.

Selama musim ini, Barca juga masih mempunyai kesempatan sebagai juara di tiga ajang. Saat ini, Barca juga masih menjadi pemimpin klasemen La Liga, melaju ke babak final Copa del Rey, dan bersiap mengalahkan Paris Saint-Germain yang menang dengan skor 0-4 di laga pertama pada babak 16 besar Liga Champions.