Barcelona Terancam Keluar La Liga Musim Depan?

Barcelona Terancam Keluar La Liga Musim Depan

Pernah membayangkan La Liga Spanyol tanpa Barcelona? Apa jadinya ya? Mungkin Real Madrid akan menjadi tim yang paling berkuasa di daratan Spayol jika sang rival tidak masuk dalam kompetisi La Liga. Dan sudah barang tentu kompetisi La Liga Spanyol tak akan semenarik dulu lagi. Ngeri!

Nah wacana tersebut bisa saja terjadi musim depan. Loh kok bisa? Pasalnya ada wacana bahwa Barca akan merdeka alias terpisah dari negara kesatuan Spanyol. Hal ini akan ditentukan oleh hasil pemilu nanti. Dimana Barca dan Espanyol akan menentukan nasibnya. Jika Catalonia atau Catalunya nantinya merdeka, maka ucapkaan salam perpisahan kepada Barcelona dan Espanyol. Dua klub ini tak akan berlaga lagi di kompetisi tertinggi di daratan Spanyol.

Faktanya, jika kita melihat animo rakyat Catalunya, hampir dipastikan mereka memilih menjadi sebuah negara sendiri. Ya, dalam beberapa perode terakhir rakyat Catalunyu kepar kali mengkampanyekan pembebasa Catalunya dari Spanyol. Entah apa alasannya, rakyat Catalunyu seperti enggan menjadi satu bagian dengan Spanyol.

Padahal mereka tahu betul konsekuensinya. Jika Catalunya berpisah dari Spanyol, maka hal tersebut akan berdampak langsung terhadap dua klub yang bernaung di daerah Catalnya, yakni Barcelona dan Espanyol. Kiprah mereka di La Liga Spanyol musim depan kini bergantung pada hasil pemilu nanti.

Hal senada juga diucapakan oleh Presiden LFP (Federasi Sepakbola Spanyol), Javier Tebas. Ia mengatakan dengan tegas, bahwa Barcelona dan Espanyol kemungkinan tak bisa melanjutkan perjalanan mereka di La Liga jika Catalonia memutuskan merdeka dari Spanyol. Pernyataan Tebas tersebut menguatkan opini Menteri Olahraga Spanyol Miguel Cardenal beberapa waktu lalu.

Sadar akan situasi yang kian memanas dan tak ada sangkut pautnya dengan sepakbola, presiden Barcelona Josep Maria Bartomeu pun mengkonfirmasi bahwa pihaknya tidak akan terlibat dalam pemilihan. Sang presiden juga menambahkan bahwa Barca itu fokusnya di bidang olahraga bukan ranah politik.

Wah apa jadinya ya jika Liga Spanyol tanpa kehadiran Barcelona? Mungkin Real Madrid akan mengangkangi singgasan kekuasaan di La Liga. Atau mungkin Real Madrid akan jenuh lantaran sang rival abadinya sudah tidak ada lagi? Yang jelas, jika Barca tidak main di La Liga, maka liga Spanyol tak akan terasa seru lagi, karena satu-satunya daya tariknya adalah perseteruan antara Real Madrid dan Barca yang bertabur bintang.