Jelang Piala AFF 2016, Indonesia Hadapi Tim Tangguh Di Grup A

Hasil dari pengundian menjadikan Indonesia bergabung dalam Grup A pada Piala AFF 2016 nanti. Menurut pelatih timnas Indonesia, Thailand dan Filipina akan menjadi lawan yang tangguh bagi Indonesia dalam grup itu.

Pengundian yang dilaksanakan di hari Selasa (2/8/2016) malam WIB kemarin, timnas Indonesia akan bergabung dengan Filipina, Thailand, dan Singapura pada Grup A. Di sisi lain, Grup B akan menjadi tempat Myanmar, Malaysia, Vietnam, dan pemenang di laga babak kualifikasi Piala AFF 2016.

Wolfgang Pikal, selaku asisten pelatih timnas Indonesia, mengungkapkan bahwa Thailand adalah timnas yang tangguh untuk Indonesia. Mereka menjadi juara di ajang Piala AFF 2014 yang lalu dan terpilih sebagai tim paling kuat di Asia Tenggara. Sementara, Filipina mempunyai kelebihan karena statusnya sebagai tuan rumah.

” Mereka adalah tim yang paling sulit karena posisi kami harus menghadapi lawan yang bagus. Menurut saya, lawan paling sulit adalah Thailand dan Filipina karena tim yang terdiri dari pemain berbakat dengan gaya permainan yang apik, ” ujar Pikal.

Walau demikian, timnas tidak boleh ragu. Pikal optimis Indonesia dapat bermain dan mengalahkan lawan. Selain Thailand, Filipina memang menjadi tim tuan rumah yang diprediksi akan menjadi rival yang kuat. “ Kami akan tetap berusaha sebaik mungkin, ini the ball is round, segalanya dapat terjadi di lapangan. ” ucapnya.

Piala AFF 2016 akan dilakukan di tanggal 19 November hingga 17 Desember yang akan datang. Rencananya, timnas Indonesia akan memulai sesi latihan di tanggal 8 Agustus nanti.