Belajar Dari Piala AFF 2012, Timnas Indonesia Hadirkan Tiga Kiper

Timnas Indonesia akan mempersiapkan 23 pemain yang bersiap di turnamen Piala AFF 2016. Jumlah pemain di timnas ini bertambah di bagian posisi gelandang dan bek. Menurut Asisten Pelatih Timnas, Wolfgang Pikal, akan terdapat tiga kiper, delapan bek, delapan gelandang, dan empat striker.

Timnas Indonesia akan bersiap dalam laga Piala AFF 2016 yang akan dilaksanakan di Myanmar dan Filipina pada tanggal 19 November sampai 17 Desember 2016 mendatang. Indonesia masuk dalam Grup A dengan sang tuan rumah, Filipina, Thailand, dan Singapura.

Pikal mengungkapkan bahwa hal itu dilakukan karena timnas tidak ingin mengalami kejadian buruk saat Piala AFF 2012. Kala itu, timnas hanya mempersiapkan dua kiper dan akhirnya terbebani karena dua kiper mereka mendapat cedera.

Saat itu, timnas hanya menurunkan Endra Prasetya dan Wahyu Tri Nugroho untuk menjaga gawnag. Dalam laga Piala AFF 2012 itu, timnas masih dipimpin oleh Nil Maizar yang tak dapat melanjutkan laga ke fase grup.

Di sisi lain, mengenai masuknya Stefano Lilipaly dalam timnas, Wolfgang Pikal mengatakan bahwa timnas masih menanti surat resmi dari klubnya SC Telstar. Pikal menuturkan bahwa Telstar belum dapat memulangkan Lilipaly karena dia menjadi salah satu pemain andalan di laga Divisi Dua Liga Belanda.

” SC Telstar masih sangat membutuhkan Stefano Lilipaly karena masih bersiap untuk laga selanjutnya di Belanda. Awal November, dia akan datang dan esoknya, dia akan berlatih bersama timnas Indonesia di Vietnam, ” tutup Wolfgang Pikal.