Menang Atas Mesir, Timnas Kamerun Jadi Juara Piala Afrika 2017

Timnas Kamerun berhasil menyabet gelar Piala Afrika 2017. Walau terlihat kesulitan di awal laga melawan timnas Mesir, mereka akhirnya dapat menyelesaikan laga dengan skor akhir 2-1.

Ketika bermain di laga yang dilaksanakan di Stade de l’Amitie, Libreville, Gabon, pada Senin (6/2/2017) dini hari WIB, timnas Kamerun dapat mendominasi laju laga. Mereka bahkan tercatat dengan penguasaan bola sebesar 62 persen.

Sama dengan kesempatan yang diciptakan, The Indomitable Lions lebih baik dari Mesir. Mereka dapat menciptakan 15 peluang, delapan on target. Di sisi lain, timnas Mesir menciptakan empat attempt dengan dua yang on target.

Mesir sempat mengambil alih laga dengan keunggulan lebih dulu pada babak awal dari sepakan gol Mohamed Elneny. Dia menciptakannya ketika laga baru berlangsung selama 22 menit. Bermula dari Mohamed Salah menciptakan umpan bagi Elneny yang terletak di sisi kanan kotak penalti lawan, dari sudut, dia kemudian memasukkan gol ke gawang Kamerun. Gol itu bertahan hingga jeda.

Sementara itu, Kamerun hanya dapat menciptakan satu kali sepakan tepat pada babak pertama dari Sebastien Siani di menit ke-7.

Memasuki babak selanjutnya, Kamerun mulai melakukan perlawanan. Mereka segera mengejar ketertinggalan melalui Nicolas N’Koulou. Benjamin Moukandjo memulai dengan umpan silang di sayap kiri, yang dapat dilanjutkan dengan sundulan N’Koulou dan berakhir dengan gol pada menit ke-69.

Hugo Bross kemudian mengubah skema laga. Dengan mengganti pemain, pelatih Kamerun ini melakukan keputusan tepat dengan menurunkan Vincent Aboubakar yang menjadi pengganti Ndip Tambe yang kemudian memberikan gol di menit ke-88.

Dimulai dari umpan baik dari Sebastien Siani, Aboubakar memainkan bola dengan baik, menyepakkannya melewati Ahmed Fathi, dan menuju gawang dari Mesir yang dijaga ketat Essam El Hadary.

Sisa waktu sebelum laga Piala Afrika 2017 ini usai, tidak ada lagi gol yang tercipta. Timnas Kamerun sukses dengan skor akhir 2-1. Dengan hasil tersebut, Kamerun berhasil mendapatkan gelar kelima dalam ajang sepakbola Afrika ini. Sementara timnas Mesir kembali kalah untuk yang kedelapan kalinya.