Klub-Klub Top Brasil Tawarkan Bantuan untuk Chapecoense

Beberapa klub populer Brasil mengucapkan rasa duka citanya atas insiden menyedihkan yang terjadi pada Chapecoense. Mereka juga berkeinginan memberikan bantuan pada tim yang beberapa waktu lalu harus merelakan sebagian besar pemainnya dalam kecelakaan maut pesawat yang mereka tumpangi.

Chapecoense harus kehilangan banyak pemainnya saat pesawat yang mereka naiki jatuh di kawasan pegunungan Medellin, Senin (28/11/2016) malam waktu setempat. Kala itu, tim asuhan Caio Junior itu sedang menuju babak final putaran pertama Copa Sudamericana kontra Atletico Nacional.

Sampai saat ini terdapat 75 dari 81 penumpang yang dinyatakan meninggal dunia. Peristiwa menyedihkan ini langsung menjadi perhatian dan menarik simpati di dunia. Beritanya pun menjadi viral di media sosial.

Saat ini, Atletico Nacional sudah memberikan usul untuk memberikan gelar Copa Sudamericana pada tim ini sebagai tanda simpati mereka. Selain itu, sejumlah klub papan atas Brasil juga menyampaikan bantuan untuk mereka. Diantaranya adalah Corinthians, Santos, dan Palmeiras, yang akan memberikan pemain pinjaman secara gratis selama musim 2017 yang akan datang.

Selain itu, tim-tim ini juga mengharapkan agar klub ini tidak masuk dalam degradasi selama tiga musim mendatang, sekalipun memasuki zona merah. Sebagai gantinya, tim pada peringkat 16, zona degradasi Serie A Brasil yang ada diposisi 17 sampai 20 akan menjadi pengganti posisi mereka jika ada dalam peringkat buruk.

” Walaupun kami menyadai dengan kerusakan yang tak dapat dihindarkan, yang sudah terjadi dalam insiden menyedihkan ini, klub-klub paham bahwa kini adalah waktunya untuk bersatu, memberikan dukungan, dan mendampingi Chapecoense, ” demikian pernyataan resmi dari klub-klub tersebut.

Lebih lanjut, klub-klub populer Brasil ini menginginkan adanya gerakan solidaritas, namun diberikan dengan memiliki tujuan yang tulus demi meningkatkan kembali institusi sepakbola Brasil yang sudah pergi dan hilang dalam peristiwa ini.