Hasil menarik dalam The Best FIFA Football Awards 2016

Acara penghargaan FIFA, The Best FIFA Football Awards 2016, usai diselenggarakan. Terdapat beberapa nama dalam sepakbola dunia yang mendapatkan trofi terbaik.

Acara penghargaan FIFA ini adalah acara penyerahan piala secara perdana sejak bersama dengan Ballon d’Or seperti enam tahun terakhir ini. Pemenangnya didapat dari hasil voting, berdasarkan setengah dari suara berasal dari pilihan para kapten dan pelatih timnas di dunia. Dan sisanya, didapat secara online dari para fans sepakbola dunia.

Selain nama Cristiano Ronaldo, Carli Lloyd serta Claudio Ranieri, berikut beberapa hasil menarik dalam acara The Best FIFA Football Awards 2016 itu.

  1. Mohd Faiz Subri

Pemain dari Malaysia, yakni Mohd Faiz Subri mendapat trofi FIFA Puskas Award 2016 sebagai gol terbaik. Ia menang atas Marlone dan Daniuska Rodriguez.

Gol itu tercipta dalam laga Liga Super Malaysia yang mempersatukan Penang FA dan Pahang FA, bulan Februari 2016 lalu. Pemain 29 tahun itu melakukan sepakan terbaik.

  1. Silvia Neid

Silvia Neid memperoleh penghargaan Best FIFA Women’s Coach Award, mengalahkan Jill Ellis and Pia Sundhage. Neid sebenarnya sudah mengundurkan diri dari pelatih timnas putri Jerman setelah 11 tahun menjadi pelatihnya.

  1. Tim terbaik

Sebagai tim terbaik, FIFA FIFPro World11, kesebelesan yang dipilih sesuai posisi yang ditempati, dengan, Kiper yakni Manuel Neuer, Pemain bertahan yaitu Dani Alves, Gerard Pique, Sergio Ramos, Marcelo, Pemain tengah yaitu Luka Modric, Toni Kroos, Andres Iniesta, dan Pemain depan yaitu  Lionel Messi, Luis Suarez, Cristiano Ronaldo.

  1. Suporter Borussia Dortmund dan Liverpool

Suporter dua klub ini menjadi suporter terbaik. Ini didapat dari kerjasama dan kekompakan mereka, yang bernyanyi ‘You’ll Never Walk Alone’ demi mengenang korban dalam Hillsborough.

  1. Penghargaan Khusus

Terdapat penghargaan yang khusus yang juga terjadi dalam acara yag dihelat di Zurich, Swiss, itu. Atletico Nacional mendapat trofi FIFA Fair Play Award 2016, karena mempersembahkan trofi kemenangan pada Chapecoense, lawan mereka di final Copa Sudamericana.

Selain itu, piala juga diberikan pada Alessandro Rosa Vieira, atau Falcao. Pemain dari Brasil 39 tahun sebagai ‘Raja Futsal’.