Empat Pelatih Terbaik Dengan 100 Laga Di Turnamen Eropa

Kalahnya Manchester City pada babak 16 besar Liga Champions musim ini menjadi hal yang buruk untuk pencapaian Pep Guardiola. Pelatih 46 tahun itu gagal mendapat kemenangan di laga ke-100nya.

Manchester City kalah dengan skor 1-3 dari AS Monaco di laga kedua pada babak 16 besar yang dilaksanakan di Stade Louis II, Kamis (16/3/2017) dinihari WIB. Walau sukses 5-3 di laga awal, David Silva dan rekan-rekannya kalah dalam jumlah gol tandang.

Laga ini nyatanya menjadi laga ke-100 untuk Guardiola di ajang Eropa. Berikut empat pelatih terbaik di Eropa dengan laga ke-100nya.

  1. Pep Guardiola

Menjalani di laga ke-100 pertama di turnamen Eropa. Guardiola mencatatkan 61 kemenangan, 23 hasil seri, dan 16 kegagalan. 55 kemenangan dia dapatkan di Liga Champions. Perolehan itu menambah keberhasilan dengan gelar dua kali, di tambah dengan Barcelona dan Bayern Muenchen yang masuk semifinal waktu bersamanya.

  1. Louis van Gaal

Louis Van Gaal sendiri adalah pelatih Guardiola kala masih menjadi pemain aktif. Van Gaal sendiri mencatatkan 61 kemenangan, 22 hasil seri, dan 17 kalah. Kebanyakan hasil positif dia dapatkan saat masih bersama Ajax Amsterdam. Lalu Barcelona dan Muenchen.

  1. Rafa Benitez

Meski tidak menjadi pemain penting di Real Madrid, Rafa Benitez nyatanya mempunyai rekor baik di pentas Eropa. Pelatih dari Spanyol itu mencatatkan 60 laga, 22 seri, dan 18 kali gagal. Dia mendapatkannya di Valencia dan Liverpool. Pelatih Newcastle United itu meraih piala UEFA dan Liga Champions serta Piala Super Eropa.

  1. Jupp Heynckes

Jupp Heynckes meraih 58 kesuksesan, 20 seri, dan 22 kekalahan. Dia mendapat 100 laga di kompetisi Eropa. Salah satu Pelatih terbaik di Eropa dari Jerman itu pernah menjadi pelatih di Borussia Moenchengladbach, Muenchen, Frankfurt, Real Madrid, hingga Schalke 04.