Oleg Shatov, Kunci Kemenangan Rusia Jelang Lawan Slovakia

Usai bermain imbang dengan timnas Inggris pada pertandingan pertama, tim nasional Rusia mengejar kemenangan atas timnas Slovakia. Oleg Shatov dapat dikatakan akan menjadi bintang Rusia yang gemilang di laga Euro 2016 ini.

Pertarungan tim nasional Rusia kontra Slovakia akan dihelat pada Rabu (15/6/2016) malam nanti, bertempat di Stade Pierre Mauroy, Lille. Kedua tim ini sedang mengejar kemenangan perdananya di Euro 2016, pada laga pertama, Rusia melawan Inggris dengan hasil imbang 1-1, di sisi lain timnas Slovakia gagal dengan skor 1-2 atas Wales.

Shatov digadang-gadang akan menjadi pemain yang lebih bersinar di timnya. Hal itu dikarenakan penampilannya yang dapat menciptakan drible-drible tajam, sebuah hal yang sangat istimewa yang langka dimiliki oleh Rusia setelah Andrey Arshavin gantung sepatu dan Alan Dzagoev didera cedera.

Selain drible, Oleg Shatov juga mempunyai bakat dalam bermain sebagai pusat di posisi tengah lapangan. Pada laga kontra Inggris, Shatov merupakan pemain Rusia yang paling banyak mencetak peluang menjebol gawang lawan.

Bakat dribling Shatov sejatinya dapat dimaksimalkan oleh pelatih Leonid Slutskiy ketika mereka melawan Slovakia, karena jika dilihat dari laga Slovakia melawan Wales, mereka sempat kewalahan dari seragan individu pemain lawan. Jika Shatov memiliki keleluasaan bermain di lapangan dengan operan dan dribel, tim nasional Rusia semakin memperbesar kesempatan menang di Euro 2016.

Untuk level klub, Shatov juga menjadi andalan Zenit St. Petersburg, setelah keluar dari Anzhi Makachkala di 2013 lalu. Menjadi gelandang, perolehan golnya di Liga Premier Rusia juga baik. Dia memiliki 8 gol dari 27 laga dengan 6 assist.

Bakat Oleg Shatov dalam drible dan kecepatan merupakan bakat yang sudah terasah di awal karirnya sebagai pesepakbola. Di usia 14 sampai 17 tahun, dia sudah terbiasa berpindah-pindah wilayah permainan dari lapangan sepakbola ke lapangan futsal. Dia juga sudah memiliki skill futsal yang kemudian dia lakukan di sepakbola.