Ini Hal Yang Paling Berat Bagi Didier Deshamps

Timnas Prancis harus mengubur mimpi mereka menjadi jawara di Piala Eropa 2016 tepat di depan penggemar mereka. Penyesalan yang paling berat bagi Didier Deshamps adalah gagalnya dia mempersembahkan gelar dan trofi untuk suporter mereka.

Sebagai tim tuan rumah, timnas Prancis pastinya sudah diprediksi akan menjadi salah satu pemegang dalam Piala Eropa 2016 ini. Penilaian tersebut berhasil mereka pertahankan hingga dapat masuk ke babak final Piala Eropa.

Pada laga final, Les Bleus mendapatkan tempat yang khusus daripada lawan mereka, yakni timans Portugal. Selain karena menjadi tuan rumah, mereka juga memiliki bekal kemenangan yang sangat besar dengan skor 2-0 atas juara dunia, Jerman, di babak semifinal.

Hal lainnya adalah timnas ini juga memiliki catatan yang apik ketika menjadi tuan rumah ajang besar di dua laga terakhir. Mereka selalu menjadi pemenang saat tampil sebagai tuan rumah dalam dua ajang sepakbola yang besar, yakni di Piala Eropa 1984 dan Piala Dunia 1998.

Walau demikian, Prancis sepertinya harus rela jika peluang juara tidak berhasil menambah catatan kejuaraan mereka, setelah gagal dengan skor akhir 0-1 dari Portugal. Gol Eder pada babak tambahan menyudahi mimpi juara di rumah sendiri.

Didier Deshamps mengungkapkan bahwa dia mereka kecewa. Baginya ini merupakan hal yang sangat memalukan dan menakutkan jika kalah di babak final. Akan tetapi, dirinya harus tetap semangat dan memberi selamat pada Portugal.

” Kami memiliki peluang walau tidak cukup tajam. Kami tidak bermain dengan tenang, namun saya tidak dapat menahan apapun kepada para pemain saya. Mereka pasti sudah melakukan yang terbaik dalam laga ini, ” tuturnya.

Rasa kecewa yang paling dalam untuk Deschamps merupakan gagalnya mempersembahkan pesta perayaan untuk para penggemar timnas. Walau begitu, dia menilai sampai pada partai utama Piala Eropa 2016 ini sudah menjadi hal yang istimewa. Pelatih timnas Prancis berusia 47 tahun ini mengatakan bahwa skuad sudah melalui bulan yang penuh dengan hasil positif.