Fracas, Bola Baru Euro 2016 Yang Digunakan Pada Babak Knock Out

Adidas kembali merilis bola terbaru yang akan digunakan pada babak 16 besar Euro 2016. Bola baru tersebut sepertinya akan segera menggantikan tugas Beau Jeu, bola yang digunakan di awal laga turnamen ini. Bola baru Euro tersebut diberi nama Fracas.

Pihak UEFA dan Adidas secara resmi sudah merilis bola baru Euro tersebut lewat situs Twitter miliki mereka. Tepat pada Senin (20/6/2016) malam waktu setempat. Diberitakan jika bola tersebut akan segera digunakan dalam babak baru turnamen tersebut, yakni partai knock out hingga final Euro 2016.

Jika dilihat dari penampilannya, tidak ada yang berbeda dari bola sebelumnya, Beau Jeu. Fracas masih memiliki warna dan nuansa yang sama dengan yang lama. Kedua bola itu memang diberi warna dominasi warna putih dengan motif biru dan merah, yang menjelaskan warna bendera Prancis. Perbedaan yang terlihat adalah adanya penulisan namaa bola tersebut.

Masih belum pasti alasan pihak UEFA dan Adidas mengganti bola lama dengan bola yang memiliki nama baru tersebut untuk babak knock out. Yang paling berkesan adalah bola baru ini diumukan setelah sebuah Beau Jeu rusak dalam laga Prancis kontra Swiss.

Beberapa media memberitakan, ini merupakan pertama kalinya sebuah turnamen internasional, seperti Euro 2016 ini memakai dua jenis bola yang berbeda. Sangat menarik untuk mengetahui apa alasan dan tanggapan para pelatih dan bintang-bintang sepakbola mengenai Fracas, bola baru Euro tersebut.